Jumat, 11 Maret 2011

Bahasa Indonesia|DAMPAK FACEBOOK BAGI KALANGAN PELAJAR

,
DAMPAK FACEBOOK BAGI KALANGAN PELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
Facebook mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari anak - anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, tukang bakso sampai direktur utama, pedangang kecil sampai pengusaha, dan sebagainya. Di Indonesia jumlah pengguna facebook per 31 maret 2010 telah mencapai 20,775,320 orang.
Dan sudah sewajarnya, setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook. Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan dampak yang negatif. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering terjadi adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar. Coba saja bandingkan lama waktu seorang pelajar saat membuka buku dengan lama waktu saat membuka facebook. Bahkan saat belajar pun selalu menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook temannya, akibatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan materi pelajaran yang sedang dipelajari pun tidak akan dipahami secara maksimal.
Banyak berita yang memuat tentang permasalahan pelajar yang timbul hanya gara-gara facebook, mulai perkelahian, bahkan sampai penculikan. Contohnya kisah seorang pelajar di Bandung yang diculik oleh orang yang dikenalnya lewat facebook dan perkelahian antara pelajar dan orang tua yang terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, yang timbul hanya karena facebook.

B.            Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.             Bagaimana dampak penggunaan facebook yang berlebihan bagi kalangan pelajar ?
2.             Bagaimana pengendalian bagi para pengguna facebook khususnya kalangan pelajar agar tidak berlebihan dalam menggunakan facebook ?

C.           Tujuan
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.             Mendeskripsikan dampak facebook bagi pelajar.
2.             Mendeskripsikan pengendalian penggunaan facebook agar tidak berlebihan khususnya bagi kalangan pelajar.






1
 
 



D.          
2
 
Manfaat
Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut.
1.             Bagi pengguna facebook, penelitian ini dapat dijadikan sarana untuk mengetahui dampak dari penggunaan facebook.
2.             Bagi pengguna facebook, penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengendalian penggunaan facebook agar tidak berlebihan.






































BAB II
LANDASAN TEORI

A.           Hakikat Jejaring Sosial facebook
Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

B.            Sejarah Facebook
Pada awalnya, situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.  Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

C.           Dampak Penggunaan Facebook
Sudah sewajarnya, setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook.
·         Dampak positifnya antara lain:
1. Mempererat silaturahmi
2. Mengetahui potensi diri
3. Media promosi
4. Sarana diskusi
5. Tempat curhat







3
 
 



·        
4
 
Dampak negatifnya antara lain:
1. Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia untuk hal yang kurang bermanfaat
2. Menghabiskan uang
3. Malas belajar, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan.
4. Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
5. Penurunan produktifitas dalam bekerja.
6. Berkurangnya silaturahmi di dunia nyata.
7. Menjadi faktor resiko penyakit degeneratif, seperti jantung, kanker, stroke. Karena kurang geraknya anggota tubuh.
8. Beresiko terjadinya beberapa penyakit fisik karena terlalu lama duduk dan memegang mouse. Seperti sakit punggung, nyeri sendi.
9. Anda juga kekurangan waktu tidur.
































BAB III
METODE PENELITIAN

A.           Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakasanakan di SMAN 01 Singkawang pada tanggal 14-15 Januari 2011.

B.            Subjek penelitian
Subjek penelitian adalah siswa-siswi di SMAN 01 Singkawang sebanyak 100 siswa sebagai sampelnya.

C.           Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian berupa sejumlah angket yang berisi beberapa pertanyaan mengenai facebook.

D.           Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.             Membuat angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai facebook, sebanyak 100 lembar.
2.             Menyebarkan angket ke beberapa kelas sebagai sampelnya.
3.             Menerima kembali angket yang telah diisi oleh sejumlah responden.
4.             Menghitung atau mendata angket-angket yang telah diisi oleh responden.























5
 
 



BAB IV
HASIL PENELITIAN

Dari survey yang kami lakukan terhadap siswa-siswi SMAN 1 SINGKAWANG, 84% dari 100 siswa mempunyai facebook dan 16% siswa tidak memiliki facebook.
Dari 84% siswa yang memiliki facebook, 21% siswa mengaktifkan facebook dalam waktu yang relatif sering, dengan alasan facebook merupakan sarana komunikasi yang mengasyikkan dan mudah mendapatkan informasi. Sedangkan 63% siswa yang mengaktifkan facebook dalam waktu yang relatif jarang, dengan alasan tugas sekolah yang harus diselesaikan dan jadwal les yang padat. Dan 16% siswa yang tidak memiliki facebook, beralasan tidak memiliki facebook karena facebook hanya membuang-buang waktu dan menurut mereka kurang bermanfaat.








6
 
 


BAB V
PENUTUP

A.           Simpulan
Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.             Dari 100 siswa SMA Negeri 1 Singkawang sebagai sampelnya, diperoleh 84 siswa memiliki facebook dan 16 siswa diantaranya tidak memiliki facebook.
2.             Dari 84 siswa yang memiliki facebook, 21 siswa mengaktifkan facebook dalam waktu yang relatif sering. Dan 63 siswa mengaktifkan facebook dalam waktu yang relatif jarang.
3.             Dari survei yang telah dilakukan, facebook memiliki dampak positif bagi kalangan pelajar salah satunya adalah sebagai sarana diskusi. Sedangkan dampak negatif dari pengguanaan facebook, salah satunya adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar.
4.             Dari pembahasan diatas, dampak negative facebook bagi kalangan pelajar lebih banyak dari pada dampak positifnya.


B.            Saran
Berikut ini sedikit tips yang bisa dilakukan agar kita tidak kecanduan facebook :
1.       Isi waktu luang untuk hal - hal yang bermanfaat.
Membaca buku, olah raga, atau melakukan hal - hal bermanfaat lainnya.
2.       Buat jadwal tersendiri untuk menggunakan facebook.
3.       Sadari bahwa kita hidup di dunia nyata, bukan dunia maya.
Agar tidak timbul rasa malas untuk bersosialisasi dengan orang di sekitar kita, dengan dunia yang nyata, dan itu lebih penting daripada sekedar bersosialisai dengan lewat facebook yang kadang-kadang kita sendiri tidak tahu sedang berteman dengan siapa.
4.       Kalau kamu biasa mengakses facebook dengan handphone, kamu bisa uninstall aplikasi yang biasa dipakai untuk facebookan. Kamu juga bisa mengganti operator selulermu dengan operator yang mengenakan tarif mahal untuk akses internetnya.
5.       Konsisten dengan usaha yang dilakukan
Tentu sikap ini harus kita miliki, apalagi buat yang sudah benar-benar kecanduan berat sama facebook
.




7
 
 





                                                                                                                              


8
 
Daftar Pustaka

http://mmadjie.blogspot.com/2010/04/tips-agar-tidak-kecanduan-facebook.html


0 komentar to “Bahasa Indonesia|DAMPAK FACEBOOK BAGI KALANGAN PELAJAR”

Poskan Komentar