Rabu, 16 Maret 2011

Kerajaan Kediri

,

A. LETAK DAN SUMBER SEJARAHNYA
                Kerajaan Kediri merupakan kelanjutan kerajaan mataram kuno yang terletak di jawa timur. Kerajaan Kediri berdiri di awali dengan perebutan kekuasaan antara Jenggala dan Kediri berlangsung hingga tahun 1052 M. pada tahun itu raja Mapanji Alanjung Ahyes berhasil menundukan Kerajaan Jenggala. Namun, ia tidak lama memerintah karena pada tahun 1059 muncul seorang raja lain yaitu Raja samarotsaha yang berkuasa di kerajaan jenggala. Setelah pemerintahan Samarotsaha,kedua Kerajaan itu tidak pernah lagi masuk atau tercatat dalam sumber sejarah.

B. Aspek kehidupan politik
         Kerajaan Kediri bangkit lagi sekitar tahun 1116. Raja yang pernah memerintah, antara lain sebagai berikut:
1.      Rakai sirikan sri bameswara
2.      Raja jayabaya
3.      Raja sarweswara
4.      Sri Gandra
5.      Kameswara
6.      Sri Aryyeswara
7.      Kertajaya

C. Aspek kehidupan Ekonomi
         Kediri merupakan kerajaan yang agraris,msyarakat yang hidup di daerah pedalaman bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian di daerah kerajaan Kediri ini sangat melimpah karena didukung dengan kondisi tanah yang subur. Mata uang yang di gunakan terbuat dari emas dan campuran. Hubungan antara daerah pedalaman dan daerah pesisir sudah berjalan dengan lancer

D. Aspek kehidupan sosial-budaya
         Keperdulian raja tehadap masyarak atau rakyatnya sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dari kitab Labdaka. Pada zaman kerajaan Kediri karya sastra berkembang sangat pesat. Pada masa pemerintahan Kameswara juga di tulis karya sastra antara lain:
1.      Kitab Wertasancaya
2.      Kitab smaradhahana
3.      Kitab Lubdaka
4.      Kitab kresnayana
5.      Kitab samanasantaka

E. SEBAB RUNTUHNYA KERAJAAN KEDIRI
                Pada akhir pemerintahan Kediri, raja kertajaya bertindak kurang bijaksana,sehingga banyak brahmana yang meninggalkan Kediri pindah ke singasari. Akhirnya Kediri dapat dipatahkan oleh singasari dalam petempuran di ganter pada tahun 1222.

3 komentar: