Dyscalculia atau cacat matematika adalah ketidakmampuan belajar yang spesifik melibatkan bawaan kesulitan dalam belajar atau memahami matematika. Hal ini mirip dengan disleksia dan dapat termasuk kebingungan tentang simbol-simbol matematika. Dyscalculia juga dapat terjadi sebagai hasil dari beberapa jenis cedera otak.
Dyscalculia awalnya diidentifikasi, dalam studi kasus, dengan pasien yang menderita cacat aritmatika tertentu sebagai akibat kerusakan daerah tertentu dari otak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dyscalculia dapat juga terjadi perkembangan, sebagai pembelajaran yang terhubung secara genetis kecacatan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memahami, mengingat, atau memanipulasi fakta angka atau nomor (misalnya, tabel perkalian). Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada ketidakmampuan untuk melakukan operasi aritmatika, tetapi juga ditentukan oleh beberapa ahli pendidikan dan psikolog kognitif yang lebih fundamental sebagai ketidakmampuan untuk nomor mengonsep sebagai konsep-konsep abstrak kuantitas komparatif.